Share
logo-portal

Kota Wisata Ini Terbakar Hebat Usai 58.000 Kali Tersambar Petir

img-redaksi Rizka Diputra
Jum'at 26 Juli 2024 19:13 WIB
img-thumb
Kota wisata Jasper di Kanada terbakar hebat (Foto: CBC/Ben Nearingburg)
A
A
A

KEBAKARAN melanda kota wisata Jasper di Kanada. Api yang bersumber dari kebakaran hutan itupun memaksa 25.000 orang mengungsi dari wilayah tersebut.

Kobaran api menyebar ke seluruh Taman Nasional Jasper hingga menyebabkan kerugian besar di kota itu. Kebakaran ini terjadi setelah wilayah tersebut dilanda lebih dari 58.000 sambaran petir dalam sepekan terakhir.

Tak pelak kobaran api muncul di mana-mana ditambah gelombang panas selama tiga pekan memicu si jago merah kian menyebar luas.

Melansir BBC, sebanyak 1.900 petugas pemadam kebakaran Alberta dikerahkan untuk memadamkan api. Mereka turut dibantu oleh personel dari Alaska dan Australia.

(Foto: The Canadian Press via AP)

Tim pemadam kebakaran juga berupaya menyelamatkan infrastruktur lokal, termasuk Trans Mountain Pipeline, saluran pipa milik Pemerintah Kanada yang melintasi Taman Nasional Jasper. 

Wali Kota Jasper, Richard Ireland mengibaratkan kota tersebut kini sedang menghadapi mimpi terburuknya. 

“Saya menulis kepada Anda hari ini dengan kesedihan yang mendalam ketika kita mulai menyadari dampak buruk dari kebakaran hutan tadi malam yang telah menghancurkan komunitas kita tercinta,” tulis Richard di laman Facebook-nya pada Kamis, 25 Juli 2024.

“Kehancuran dan kehilangan yang banyak kalian hadapi dan rasakan, tidak dapat dijelaskan dan dipahami; simpati saya yang terdalam ditujukan kepada kalian," tambahnya.

 

Tim SAR masih berupaya melindungi kota dari malapetaka yang semakin meluas. "Kebakaran hutan mencapai halaman Fairmont Jasper Park Lodge pada Rabu malam," sebut Anastasia Martin-Stilwell, juru bicara resort bersejarah tersebut.

Kualitas udara di Taman Nasional Jasper pun telah memburuk imbas kebakaran parah itu. Taman ini merupakan taman nasional terbesar di Pegunungan Rocky Kanada, yang menjadi salah satu destinasi wisata populer di negara itu.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau menegaskan, pemerintah telah menyetujui permintaan bantuan federal untuk Alberta.

"Kami segera mengerahkan sumber daya, dukungan evakuasi, dan lebih banyak sumber daya darurat kebakaran hutan ke provinsi ini dan kami mengoordinasikan bantuan pemadaman kebakaran dan pengangkutan udara," kata Trudeau di platform X/Twitter.

See original source
link link link link